Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kebakaran Hutan di Indonesia

Friday 2 January 20151komentar

Sampai saat ini kebakaran hutan masih sering terjadi dunia terutama di Indonesia, ini menjadikan Indonesia dianggap sebagai negara dengan tingkat pencemaran lingkungan terburuk di dunia. Mengapa hal ini terjadi ? untuk menjawab pertanyaan itu berikut faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran hutan di Indonesia.

www.warkop-pelajar.com


  1. Pembersihan lahan
    Api sekarang dianggap alat yang murah dan efektif untuk membersihkan lahan dan diminati oleh kalangan pengusaha untuk dapat menanam tanaman industri seperti karet dan kelapa sawit. Bukti nyata dapat dilihat dengan berkurangnya luas hutan karena menjadi areal perkebunan dan area indsutri. Dengan adanya pembersihan lahan ini terutama penggunaan api dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan apabila dibiarkan terus menerus.
  2. Ketidaksengajaan Manusia (Human Errror)
    Kebakaran tanpa kesengajaan merupakan faktor human error atau faktor dari manusia itu sendiri. di Indonesia terutama penduduk yang bekerja di daerah hutan terkadang melakukan kesalahan kecil yang berujung fatal contohnya sisa puntung rokok yang dibuang sembarangan di area hutan dan seperti yang kita ketahui area hutan banyak terdapat daun-daun yang kering, jika terkena kontak dengan puntung rokok yang dibuang tadi bisa jadi terjadi yang namanya kebakaran hutan, meskipun tanpa kesengajaan tapi ini memberikan dampak merugikan bagi Indonesia. Selain itu kebakaran tanpa kesengajaan juga dapat terjadi karena api yang berkobar liar dibarengi dengan  suhu yang tinggi dan sisa pembersihan lahan yang juga disinyalir menjadi faktor terjadinya kebakaran hutan.
  3. Api sebagai Senjata
    Pada dasarnya api merupakan pisau bermata dua, jika digunakan dengan benar dapat berdampak positif dan begitupun sebaliknya jika disalah gunakan akan berdampak negatif pula. kasuk sederhan untuk faktor ini adalah api digunakan penduduk lokal digunakan sebagai senjata, akibat adanya penggusuran lahan perkebunan mereka oleh perusahaan-perusahaan tambang, mereka yang 'ambil' lahannya kemudian menggunakan api untuk membakar lahan yang telah diambil oleh perusahaan.
  4. Hutan Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi
    Tak dapat dipungkiri hutan memiliki sejumlah bahan baku yang bernilai ekonomi tinggi seperti kayu hutan, karet, sehingga menimbulkan daya tarik. Akibatnya segala cara terkadang dihalalkan manusia salah satunya dengan pembersihan lahan dengan menggunakan api.
  5. Pengelolaan Sumber Daya Hutan yang Buruk
    Sisa-sisa kayu setelah pembalakan liar yang dibiarkan berserakan di lantai hutan bisa menjadi bahan bakar apabila telah mengering dan terkena sinar matahati dengan suhu tinggi, akibatnya membuat kobaran api dan terjadilah kebakaran hutan.

"Jika alam sudah mulai tidak bersahabat maka manusia harus siap menerima derita"




Share this article :

+ komentar + 1 komentar

27 January 2015 at 16:59

Makasih gan informasinya lumayan nambah wawasan di bidang IPS dan saya juga sedang mempelajarinya :D

 
Member Of Komunitas Blogger Wajo
Copyright © 2013. Warkop Pelajar - All Rights Reserved